Walikota Pontianak Kesal Kinerja Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kalbar

Posted by By at 20 April, at 12 : 38 PM Print


Walikota Pontianak, H. Sutarmidji kesal dengan kinerja Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kalbar yang dinilainya sangat lamban dalam menyelesaikan persoalan tanah khususnya penyelesaian sertifikat lahan milik Pemerintaah Kota Pontianak.

Padahal tugas-tugas BPN merupakan salah satu pelayanan publik yang harus ditangani secara cepat dan benar di Kota Pontianak karena secara birokrasi telah diotonomikan, tetapi faktanya belum diserahkan sepenuhnya kepada Pemkot.

“Teorinya memang memang benar, tetapi tidak pada implementasinya. Buktinya BPN tetap saja lamban,” keluh Sutarmidji yang ditemui di Rektorat Untan, Selasa (19/4).

Sutarmidji lalu mencontohkan betapa sulitnya membuat sertifikat tanah lahan milik Pemkot yang sudah dilakukan sejak 2007 lalu. Padahal sertifikat tersebut merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan opini dalam audit BPK,” katanya.

Sebaliknya, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Kalbar, Emmiel E. Poluan mengatakan keterlambatan yang sering dilakukan BPN untuk penyelesaian persoalan tanah lebih disebabkan banyaknya regulasi yang harus digunakan.

Emmiel menilai BPN Kalbar sudah bekerja semaksimal dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan terutama lahan milik Pemerintah Provinsi di beberapa daerah Kalbar.

“Selama ini, tanah milik Pemprov sudah habis kami selesaiakan,” kata Emmiel.

Sebagai bukti keseriusan BPN Kalbar memberikan pelaayanan maksumal, Ia menjelaskan selama tahun 2010, BPN Kalbar sudah menyelesaikan sedikitnya 76.000 setifikat tanah.

“Kita sudah banyak berbuat untuk masyarakat,” kata Emiel

Agar lebih memaksimalkan pelayanannya, BPN direncanakan pada tahun 2011 akan menggunakan sistem komputerisasi agar dapat mempercepat dan mempermudah masyarakat untuk mengakses pembuatan sertifikat tanah.

Terkait keluhan Walikota Pontianak, Emmiel mengharapakan Pemkot dan BPN Kalbar dapat bekerjasama untuk penyelesaian sertifikat lahan milik Pemkot dan yang terutama juga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Untuk itu, BPN memberikan apresisasi yang tinggi terhadap pernyataan Walikota dan menganggap hal tersebut dapat meningkatkan sinergi pelayanan BPN kepada masyarakat, tambah Emiel.

SUMBER

Photobucket

NEWS

Related Posts

Comments are closed.

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.