Usia Jembatan Tol Kapuas Perlu Diantisipasi

Posted by By at 30 November, at 18 : 00 PM Print


Pontianak – Dir Lantas Polda Kalbar Kombes Pol Lotharia Latif menegaskan akan menindak pengendara yang melanggar aturan pembatasan beban kendaraan yang melintas Jembatan Tol Kapuas. Termasuk meminimalisir kemacetan agar kendaraan tidak berhenti lama di atas jembatan melihat usia jembatan yang perlu diantisipasi.

“Jenis kendaraan yang boleh lewat sudah diatur. Itu jangan sampai melanggar disini. Karena akan menambah kapasitas beban dari jembatan ini,” ujar Latif, disela-sela peninjauan Jembatan Tol Kapuas I, Senin (28/11).

Didampingi Kasat Lantas Polresta Pontianak, Kompol Boy Samola, Dirlantas meninjau kondisi jembatan. Berupaya mencari solusi agar tidak terjadi kemacetan di atas jembatan yang acap kali terjadi pada jam sibuk.

“Bahaya ini, jika mobil banyak berhenti bersamaan diatas jembatan. Karena akan menambah beban jembatan,” ungkap Latif.

Disinggung mengenai kapasitas dan batas waktu penggunaan jembatan, Latif menilai, secara teknis hal itu merupakan kewenangan Dinas PU. Namun dia memandang usia dari jembatan maka perlu diantisipasi. Salah satunya, dengan pembatasan jenis kendaran. Tidak semua kendaraan berat boleh lewat jembatan Tol Kapuas I. Sesuai peraturan Wali Kota bahwa kendaraan roda enam keatas tidak diperbolehkan melintas.

“Jadi kita berusaha memberikan perlindungan terhadap masyarakat, melalui pembatasan beban. Kecuali kendaraan Pertamina, karena dia memang untuk mengangkut kebutuhan minyak. Namun yang lain tidak boleh,” jelas Latif, menghindari peristiwa runtuhnya Jembatan Kutai Kartanegara pada Sabtu 26 November 2011.

Selain itu, lanjut Latif, perlu diperhatikan yakni pengaturan kendaraan sepeda motor. Karena telah disediakan jalur khusus yang harus digunakan. Maka perlu adanya pengaturan di perempatan jalan Imam Bonjol. Meminimalisir pelanggaran lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan di atas jembatan.

“Ini yang memang kita laksanakan, memerintahkan agar petugas di pos lantas bertindak tegas jika ditemukan pengendara yang melakukan pelanggaran. Terutama kendaraan berat yang memang tidak diperbolehkan melalui jembatan tersebut,” kata Latif.

Ia menambahkan, kendaraan mogok juga masih sering ditemukan ketika melintas jembatan. Akibatnya kemacetan tidak akan terhindari. Sehingga cukup membahayakan pengendara lain yang melintas. Dan, dipastikan kendaraan akan berhenti lama di atas jembatan.

“Maka kita imbau masyarakat yang melalui jalur ini agar kendaraan yang layak jalan. Karena jika mogok di atas jembatan akan menimbulkan kemacetan yang menambah beban jembatan,” kata Latif. [mor]

SUMBER

Photobucket

PONTIANAK

Related Posts

Comments are closed.

My Twitter is worth

Twitter Value

Archives

Shared on Facebook

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.