Tabrakan, Kapal Wisata Tenggelam

Posted by By at 15 October, at 08 : 02 AM Print


PONTIANAK— Sebuah kapal wisata Sungai Kapuas, KM Serasan ambruk setelah menabrak KM Usaha Baru saat melintas, Minggu (14/10) sekitar pukul 17.00 Wib. KM Serasan yang membawa sebelas penumpang itu, dievakuasi oleh satuan Polair Polda Kalbar bekerjasama dengan tim SAR. Sedangkan kedua nahkoda kapal tersebut, masih menjalani pemeriksaan oleh pihak berwajib. Untuk sementara, tidak ada korban jiwa dalam laka air ini.

Informasi yang dihimpun Pontianak Post, ketika itu KM Usaha Baru sedang menarik tongkang bermuatan pasir dari arah hulu dengan kecepatan normal. Sedangkan KM Serasan yang telah beroperasi sekitar empat bulan itu, hendak memutar arah dari tepian Sungai Kapuas. Karena tidak mengetahui ada kapal lain melintas, KM Serasan yang dinahkodai oleh Elias (38) tersebut hilang kendali. Akhirnya bagian depan menabrak KM Usaha Baru di perairan Alun-alun Sungai Kapuas, tepatnya di depan Kantor Wali Kota Pontianak.

Atas tabrakan itu, lambung kapal wisata ini pecah dan tidak mampu menahan debit air yang masuk. Sehingga, kapal mulai tidak seimbang dari keadaan sebelumnya. Sebelas penumpang yang berada di dalam kapal itu pun, panik. Seketika kondisi tegang, mereka menjerit histeris sembari meminta pertolongan kepada warga sekitar. Kendati demikian, fisik KM Usaha Baru masih dalam keadaan normal.

Beruntung, petugas dengan sigap datang ke lokasi kejadian. Kemudian, mengeksekusi 7 wanita, 2 pria, dan 2 anak belia. Mereka semuanya selamat. Namun dari pantauan Pontianak Post, kapal wisata itu ambruk dan hampir tenggelam di dasar sungai. Menurut Direktur Polair Polda Kalbar, Komisaris Besar Ramses Kamsudin, pihaknya mendapat laporan dari masyarakat sekitar atas laka air ini. Dengan cepat, dirinya menerjunkan personil untuk melakukan olah TKP dan penyelamatan terhadap korban. “Kita langsung berkoordinasi dengan tim SAR,” ujarnya saat dihubungi melalui jaringan ponsel, kemarin.

Dia menuturkan, kecelakaan terjadi diduga kelalaian dari seorang nahkoda. Di mana, kapal wisata yang sering hilir mudik membawa penumpang untuk menikmati Sungai Kapuas itu, hilang kendali. “KM Serasan yang membawa sebelas penumpangnya hendak memutar ke tengah sungai. Namun setelah memutar, nahkoda bernama Elias terkejut ketika melihat kapal yang menarik tongkang besar. Dan dia tidak mampu mengendalikan kemudi, maka terjadilah tabrakan itu,” terang Ramses.

Kini, kata dia, nahkoda KM Usaha Baru, Reno dan nahkoda KM Serasan, Elias sudah diamankan. Mereka digiring ke kantor untuk dimintai keterangannya. Begitu juga dengan barang bukti, telah dikumpulkan. Apakah ada faktor lain akibat kejadian ini, masih didalami oleh petugas. “Apabila pemeriksaan selesai, dan keterangan kedua nahkoda dianggap lengkap, baru kita dapat mengambil tindakan. Jika di antara mereka terbukti bersalah, tetap akan kita kenakan sanksi tegas sesuai pasal berlaku,” pungkasnya.

SUMBER: PONTIANAKPOST

Photobucket

PONTIANAK

Related Posts

Leave a Reply

:twisted: :roll: :oops: :lol: :evil: :cry: :?: :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)
[+] kaskus emoticons

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.