SMKN 3 Pontianak Terima Siswa Kelas Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI)

Posted by By at 18 May, at 19 : 05 PM Print


PONTIANAK – Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Depdiknas RI telah menetapkan SMK Negeri 3 Pontianak sejak 2010 menyandang Sekolah Model yang menjadi percontohan di Indonesia. Selain itu sebagai SMK Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).

“Status ini sangat layak diterima karena sarana prasarana belajar mengajar sudah sangat memadai. Untuk masing-masing Program Keahlian telah memiliki dua laboratorium praktik,” kata Abriyandi, Humas SMK Negeri 3 Pontianak kepada Equator, Senin (16/5)

Selain laboratorium praktik pembelajaran, juga tersedia laboratorium pendukung pembelajaran yakni untuk Program Keahlian Akuntansi ada Bank Mini. Untuk Program Keahlian Administrasi Perkantoran ada unit foto copy, dan untuk Program Keahlian Pemasaran ada Bisnis Center yang dilengkapi prasarana distribusi.

Di samping itu juga tersedia laboratorium Bahasa yang telah banyak mencetak siswa berprestasi dalam Debat Bahasa Inggris hingga tingkat nasional, dan laboratorium internet. Pengakuan SMK Negeri 3 Pontianak sebagai SMK-RSBI dan Sekolah Model juga didukung bukti nyata prestasi yang diukir siswa dan guru SMK Negeri 3 Pontianak dalam berbagai event, akademik maupun non-akademik mulai tingkat kota, provinsi, nasional maupun internasional.

Sebagai SMK-RSBI, kata Abriyandi, akan dibuka kelas khusus yang proses pembelajarannya menggunakan dua bahasa (bilingual), yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dan berbasis teknologi informasi (IT). Untuk tahun pelajaran 2011-2012 ini, kelas RSBI dibuka pada tanggal 26 – 28 Mei 2011.

Masing-masing Program Keahlian sebanyak satu kelas, yakni Program Keahlian Akuntansi, Administrasi Perkantoran dan Pemasaran, dan setiap kelas sebanyak 32 siswa. Persyaratan khusus untuk kelas RSBI adalah rata-rata nilai rapot SMP/MTs dari semester 1 s/d 5 minimal 7,5.

Kelas Reguler akan dibuka pada gelombang II, Juni-Juli 2011, yang waktunya menunggu petunjuk dari Dinas Pendidikan Kota Pontianak, yang dilakukan secara serentak untuk semua sekolah Negeri di Kota Pontianak. Kelas regular untuk Program Keahlian Akuntansi 3 kelas (96 siswa), Program Keahlian Administrasi Perkantoran 2 kelas (64 siswa), Program Keahlian Pemasaran 2 kelas (64 siswa), dan Program Keahlian Multi Media (baru) 1 kelas (20 siswa).

Untuk dapat lulus menjadi siswa SMK Negeri 3 Pontianak, harus memenuhi 4 syarat kelulusan; yakni 1) telah lulus ujian SMP/MTs, 2) lulus seleksi administrasi, 3) lulus tes tertulis (Bahasa Inggris, Matematika, IPA), dan 4) lulus tes khusus Program Keahlian dan wawancara (minat bakat, keterampilan, Bahasa Inggris dan Psikologis). “Pendaftaran dibuka di sekretariat Panitia SMK Negeri 3 Pontianak Jalan S. Parman Pontianak,” kata Abriyandi. (rls)

SUMBER

Photobucket

NEWS

Related Posts

Comments are closed.

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.