Rancang Bangun Pelabuhan Baru Kalimantan Barat

Posted by By at 21 February, at 13 : 33 PM Print


PONTIANAK—Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat berencana untuk membangun pelabuhan baru di beberapa kabupaten. Lokasi pembangunan sedang dalam penelitian Dinas Perhubungan Kalbar dan Kementerian Perhubungan.“Alurnya diperlebar dan perdalam. Ini menjadi kewenangan pemerintah pusat,” kata Sekda Kalbar, M Zeet Hamdy Assovie seusai pertemuan dengan muspida dan badan usaha yang berkaitan dengan keluar masuknya kapal di Kantor Gubernur Kalbar, Senin (14/2) siang.Menurut Zeet, Pemerintah Provinsi Kalbar melakukan koordinasi dan mengajukan proposal terhadap pembangunan pelabuhan baru. Tetapi keputusan akhirnya tetap berada pada Kementerian Perhubungan.

”Tekad dan keinginan pemprov adalah memperbanyak pelabuhan. Kondisi ini untuk mengantisipasi pertumbuhan di Kalbar kedepannya,” ujar Zeet.Pemprov berkeinginan memperbanyak pelabuhan di Kayong Utara berskala internasional, Kendawangan (Ketapang), Temajo di Kabupaten Pontianak, hingga ke Paloh di Kabupaten Sambas. Diharapkan rencana ini mendapat respon positif dari pemerintah pusat. ”Kami berharap pemerintah pusat bisa ikut memikirkan hal ini sehingga Kalbar mendapatkan prioritas. Karena ini juga sebagai sarana dan prasarana peningkatan industri di Kalbar,” ungkap Zeet.

Kepala Kantor Adpel Pontianak, Capt. Sudiono, M.Mar mengatakan rencana pembangunan pelabuhan yang sudah ada studi kelayakannya adalah di Temajo. Studi kelayakan dilakukan pemerintah pusat. ”Rencananya pelabuhan pemprov dibuat di Pantai Kijing depan Temajo. Ini untuk mengantisipasi pelabuhan Pontianak yang sulit dikembangkan,” ungkap Sudiono, kemarin.Gubernur Kalbar, Cornelis membenarkan rencana pembangunan pelabuhan baru selain Pelabuhan Dwikora Pontianak. Saat ini rencana pelabuhan tersebut sedang diteliti Dinas Perhubungan maupun Kementerian Perhubungan. Ada beberapa tempat yang menjadi pilihan.
”Lokasinya kalau sudah final baru saya ngomong. Sebab nanti masyarakat kira bohong. Jadi tunggu final saja,” ungkap Cornelis seusai melantik Sekda Kota Pontianak di rumah jabatan Wali Kota Pontianak, kemarin.Cornelis menambahkan pembangunan pelabuhan baru ini untuk kepentingan masyarakat, termasuk sembilan bahan pokok dan produk ekspor tertentu. Hanya saja belum dapat dipastikan realisasinya. ”Tunggu kebaikan dari pemerintah pusat,” katanya. (uni)

SUMBER

Photobucket

NEWS

Related Posts

Comments are closed.

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.