Pemberian Vitamin A di Puskesmas Kampung Dalam, Tingkatkan Kunjungan Balita Ke Posyandu

Posted by By at 21 February, at 09 : 40 AM Print


Sebagai upaya dalam meningkatkan kunjungan bayi dan balita ke tempat penimbangan, Dinas Kesehatan Kota Pontianak serta didukung beberapa sponsor, Kamis (10/2) menggelar penimbangan dan pemberian vitamin A secara gratis di Puskesmas Kampung Dalam, Jalan Tanjung Raya I Pontianak. “Yang melatarbelakangi kegiatan ini adalah meningkatkan kunjungan bayi dan balita untuk penimbangan dan pemberian vitamin A yang kami nilai kurang maksimal,” ujar Aina, UPK Puskesmas Kampung Dalam.
Pada tahun 2010, jumlah bayi atau balita yang melakukan penimbangan hanya sekitar 24,7 persen. Untuk itulah kegiatan yang digelar ini bertujuan meningkatkan jumlah bayi dan balita melakukan penimbangan. “Selain itu, kegiatan ini digelar juga dalam rangka bulan vitamin A yang bertepatan dengan bulan Februari,” tutur dia.
Pemberian vitamin A ini dilakukan ditempat, artinya vitamin A yang dibagikan langsung diberikan di tempat kepada bayi atau balita. “Tujuannya untuk memastikan apakah vitamin A benar-benar sampai pada sasaran,” ucapnya.
Penimbangan balita ini, lanjut dia, sangat penting karena melalui penimbangan ini bisa memantau perkembangan kesehatan dan kondisi gizi para balita. “Perkembangan kondisi kesehatan gizi para balita penting untuk dipantau dengan tujuan mengurangi jumlah anak yang kurang gizi atau bahkan gizi sangat kurang,” paparnya.
Sementara itu, Camat Pontianak Timur, Syarif Rizal menyambut baik digelarnya kegiatan ini dan dia berharap puskesmas yang lain bisa melaksanakan kegiatan seperti ini. “Terserah mau dilaksanakan di mana, di posyandu, rumah RT, di lapangan atau di mana saja yang penting ini merupakan suatu gerakan yang secara rutinitas setiap satu tahun dua kali dilaksanakan,” ulasnya.
Rizal meminta kepada para ibu-ibu yang hadir untuk menyampaikan kepada keluarga atau tetangga yang terdekat agar rajin menimbang balitanya. “Jangan hanya hari ini saja, hanya karena ada door prize. Tolong sampaikan juga kepada keluarga atau tetangga terdekat agar mengunjungi UPK Puskesmas Kampung Dalam atau posyandu terdekat untuk mendapatkan vitamin A,” pesannya.
Dengan adanya kegiatan ini, dia berharap masalah-masalah yang berkaitan dengan kekurangan vitamin A bisa teratasi. Dia juga meminta para kader posyandu, stakeholder yang berkaitan dengan masalah kesehatan, aparatur kelurahan dan siapa saja untuk pro aktif dalam mengajak masyarakat berkunjung ke posyandu.
Jumlah posyandu yang ada di Kecamatan Pontianak Timur sebanyak 42 posyandu. “Jadikan momen ini menjadi salah satu motivasi baik itu bagi UPK Puskemas Kampung Dalam, aparatur kecamatan dan kelurahan untuk berinovasi melakukan perubahan-perubahan,” tuturnya.
Perubahan yang dilakukan yakni dimulai perubahan paragidma, bagaimana cara memandang perilaku hidup bersih dan sehat, bagaimana memandang suatu konsep kesehatan itu dimulai dengan hal-hal yang sangat mudah dan perubahan lainnya yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat.
Karena, tambahnya lagi, mengubah suatu paradigma itu tidak semudah membalikkan telapak tangan tetapi perlu proses, prosesnya dimulai dengan adaptasi, sosialisasi, memberikan pengetahuan-pengetahuan awal dan lainnya sehingga diharapkan menghasilkan outcome yang baik. (12)

SUMBER

Photobucket

NEWS

Related Posts

Comments are closed.

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.