Lomba Karya Tulis Ilmiah Sejarah

Posted by By at 5 November, at 18 : 55 PM Print


Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kota Pontianak bekerja sama dengan Balai Kajian Sejarah dan Nilai-nilai Tradisional Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), menggelar lomba karya tulis ilmiah sejarah, merekonstruksi sejarah dan budaya daerah Kalbar.

Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kota Pontianak, Abdul Hadi mengatakan, lomba ini terbuka untuk masyarakat umum dan mahasiswa di wilayah Kota Pontianak dan sekitarnya yang akan digelar mulai bulan November hingga Desember 2012. “Lomba ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak untuk meningkatkan kesadaran dan arti pentingnya arsip kepada masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ,” ujar dia, Kamis (1/11) di ruang kerjanya.

Dia berharap, lomba ini bisa menjadi wadah yang dapat menampung dan meningkatkan minat masyarakat maupun mahasiswa untuk menulis maupun membuat karya mengenai kesejarahan dan kearifan lokal khususnya Kota Pontianak dan Kalbar umumnya.
Adapun tema lomba yakni Peran Tokoh Daerah Dalam Peristiwa Sejarah Lokal/Daerah Kalbar, Peristiwa-peristiwa Sejarah Yang Terjadi di Tingkat Daerah Kalbar, Sejarah Kelembagaan Yang Terkait Peristiwa Sejarah Lokal/Daerah, serta Budaya dan Kearifan Lokal/Daerah Kalbar. “Karya yang diikutsertakan dalam lomba harus orisinil dan belum pernah dipublikasikan,” terangnya.

Ia menjelaskan, urutan dalam kegiatan lomba karya tulis ilmiah ini terdiri dari tahap pendaftaran dan penerimaan naskah tanggal 2 – 30 November 2012. Tahap penilaian juri direncanakan pada minggu pertama Bulan Desember 2012. Sedangkan pengumuman finalis pada tanggal 7 Desember 2012. “Untuk presentasi lima karya terbaik dan sekaligus penyerahan hadiah bagi lima karya terbaik akan dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2012,” jelasnya.
Sebagai apresiasi bagi lima karya terbaik, pihak panitia menyediakan hadiah berupa uang tunai dan piagam penghargaan. Juara I Rp 2 juta, juara II Rp 1,5 juta, juara III Rp 1,2 juta, juara IV Rp 800 ribu dan juara V Rp 500 ribu ditambah masing-masing mendapatkan piagam penghargaan.

Sistematika penulisan karya sesuai dengan metodelogi penelitian sejarah/budaya. Makalah diketik dengan huruf Times New Roman 12 dengan kertas A4 dengan jumlah halaman minimal 10 lembar. Untuk batas margin kiri dan kanan 4 centimeter dan margin atas dan bawah 3 centimeter. “Penyerahahan karya dilampirkan softcopy dalam bentuk piringan CD paling lambat tanggal 29 November 2012 cap pos dan dikirim ke Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kota Pontianak,” tukasnya.
Ia menambahkan, bagi masyarakat atau peserta lomba yang membutuhkan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kota Pontianak, Jalan Alianyang Nomor 7 B Nomor telepon 0561-7004600 atau bisa langsung menghubungi contact person Ardy (085750276072) dan Sumiati (085248444933). -PEMKOT

Photobucket

LOMBA & KUIS PONTIANAK

Related Posts

Leave a Reply

:twisted: :roll: :oops: :lol: :evil: :cry: :?: :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)
[+] kaskus emoticons

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.