Khawatir Runtuh, Warga Desak Pengaturan Kendaraan di Jembatan Kapuas

Posted by By at 28 November, at 11 : 57 AM Print


Pontianak: Sejumlah warga Kota Pontianak, Kalimantan Barat, mendesak pemerintah kota setempat segera membatasi kendaraan yang melewati Jembatan Kapuas I. Mereka khawatir kejadian di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, menimpa Jembatan Kapuas I. Jembatan di Kutai Kartanegara runtuh kemarin. Empat orang meninggal.

“Pada jam-jam sibuk pagi dan sore antrean kendaraan roda dua dan empat di Jembatan Kapuas I sangat padat. Maka perlu dikeluarkan aturan pembatasan kendaraan yang melewati jembatan itu,” kata Yulianto (40), warga Kecamatan Pontianak Utara, Ahad (27/11).

Ia khawatir, kalau pemerintah lamban Jembatan Kapuas I di Pontianak bisa bernasib serupa. “Apalagi usianya sudah di atas 30 tahun sejak berdirinya tahun 1980. Jadi sangat rawan ambruk,” ujar ayah dua anak itu khawatir.

Hal itu diamini Magbul Perdana (33), warga Perumnas I, Pontianak Timur. “Pada saat kendaraan padat, Jembatan Kapuas I terasa bergoyang. Menurut karyawan asuransi Jiwasraya Pontianak itu hampir setiap hari pada pukul 07.00 WIB dan pukul 16.00 WIB – 18.00 WIB terjadi kemacetan panjang di Jembatan Kapuas I.

Tingkat kemacetan semakin bertambah dari tahun ke tahun. “Lima tahun lalu, hanya butuh waktu 30 menit untuk sampai atau pulang kerja ke kantor di Jalan Sultan Abdurrahman, sekarang sudah, satu jam atau bahkan lebih kalau terjebak macet,” ujarnya.

Jembatan Kapuas I memiliki panjang 420 meter, lebar jalur lintasan enam meter, ditambah 1,5 meter disisi kiri dan kanan. Jalur kiri-kanan itu untuk motor dan sepeda.

Ahli rekayasa struktur baja dari Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Pontianak Profesor Abdul Hamid menyatakan, meskipun kontruksi Jembatan Kapuas I dari baja, tetapi punya fenomena lelah. Bisa saja tiba-tiba ambruk karena tidak mampu menahan beban.

Ia menilai, langkah Pemerintah Kota Pontianak yang mengeluarkan larangan bagi kendaraan roda enam ke atas, terutama truk dan sejenisnya sudah tepat. “Jangan hanya memikirkan segelintir orang, tapi mengorbankan kepentingan orang banyak,” kata Hamid.

Jembatan Kapuas I dibangun pada 1980 dan mulai difungsikan 1982 atau sudah berusia 31 tahun dari prediksi 50 tahun. Jembatan Kapuas I menggunakan struktur rangka baja Belanda tipe 60B, lantai dengan mutu beton K300, lebar jalur lintas 6 meter kelas B.(Ant/DOR)

SUMBER

Photobucket

PONTIANAK

Related Posts

Comments are closed.

My Twitter is worth

Twitter Value

Archives

Shared on Facebook

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.