Kalbar Bidik Tuan Rumah Festival Anggrek Internasional

Posted by By at 5 October, at 07 : 37 AM Print


Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, Hazairin, mengatakan saat ini Kalbar tengah mempersiapkan diri menjadi tuan rumah pelaksanaan festival anggrek berskala internasional.

Wacana tersebut terungkap saat pembukaan Borneo Orchids Show (BOS) IX, di Komplek Auditorium Untan, Minggu (2/10). Diakuinya beberapa kali Kalbar mendapat tawaran untuk pelaksanaan even bergengsi dari pemerintah pusat.

“Kita pernah ditawari untuk melaksanakan itu di tahun-tahun yang lalu, tapi kita belum siap, karena kita masih harus belajar dan untuk tawaran yang diperkirakan tahun 2012 ini, kita akan ambil,” kata Hazairin.

Sebagai langkah awal menuju even internasional tersebut, Kalbar akan mencoba melaksanakan terlebih dahulu even di tingkat regional Kalimantan, Brunai Darusalam dan Malaysia, dan akan menyusul ditingkat ASEAN dan ASIA yang melibatkan Singapura, Thailand, Korea, Cina dan Jepang.

“Rencana akan digabungkan antara acara Borneo Orchids Show dengan acara diregional Kalimantan, dan waktunya akan disesuikan dengan masa anggrek berbunga,” jelasnya lagi.

Sebagai gambaran dan titik terang akan dilaksanakannya even bertajuk bunga anggrek ini, sebelumnya Direktorat Jenderal Tanaman Hias Kementerian Pertanian, juga telah berulang kali datang ke Kalbar untuk melakukan survey dan memastikan kemampuan daerah untuk melaksanakan even tersebut.

“Kalau sudah internasional kita hanya sebagai tempat pelaksanaan, namun untuk undangan dan protokolernya ditingkat pusat yang melaksanakannya,” imbuh Hazairin.

Dikatakannya, wacana dijadikan salah satu tempat dilaksanakan even tersebut, menurut Hazairin karena di Kalbar merupakan salah satu provinsi yang aktif dalam pengembangan dan memiliki banyak angrek, baik hasil penangkaran maupun anggrek alam. “Jumlahnya kita lebih dari dua puluh lima ribu, dan saat ini kita masih kewalahan mengidentifikasi nama dan jenis anggrek alam yang baru,” imbuhnya.

Salah satu keuntungan dilaksanakannya festival anggrek di Kalbar tersebut akan mendongrak perekonomian serta citra Kalbar di mata dunia, karena selain di Kalbar banyak anggrek dengan jenis yang berbeda dengan angrek di negara lain, di Kalbar juga terdapat angrek langka dan saat ini diburu oleh pecinta anggrek.

Selain itu sisi ekonomi dan pariwisata juga akan terdorong dengan adanya festival tersebut, sehingga upaya untuk terselenggranya acara itu di Kalbar sangat diharapkan dan dukungan semua pihak sangat besar penaruhnya termasuk tetap menciptakan suasana yang kondusif.

sumber

Photobucket

KALIMANTAN BARAT

Related Posts

Comments are closed.

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.