Dokter Lulusan FK Untan untuk Daerah Terpencil

Posted by By at 10 January, at 15 : 12 PM Print


Pontianak – Daerah terpencil di Kalbar masih kekurangan tenaga medis. Pemprov Kalbar mengharapkan lulusan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Tanjungpura (Untan) mau ditempatkan di daerah terpencil.

“Ini salah satu upaya mengatasi kekurangan tenaga medis di Kalbar khususnya tenaga dokter. Setelah itu kita akan mengupayakan menempatkan dokter spesialis di daerah terpencil Kalbar,” kata dr Andi Jap MKes, Kepala Dinas Kesehatan Kalbar di sela pengambilan sumpah dokter dari Fakultas Kedokteran Untan, kemarin.

Para lulusan kedokteran Untan ini setidaknya dapat mempermudah serta meringankan beban masyarakat. Setidaknya masyarakat Kalbar tidak mesti pergi ke kota untuk mendapatkan dokter.

“Melalui program internship atau semacam magang untuk tenaga medis di daerah pedalaman, sudah sangat membantu masyarakat. Apalagi nantinya mereka ditugaskan di sana,” jelas Andi Jap.

Ada 11 dokter dari fakultas kedokteran yang diambil sumpahnya. Sebelumnya mereka sudah mengikuti program internship. Karena fakultas kedokteran menggunakan kurikulum berbasis kompetensi.

“Jadi setiap dokter yang baru lulus harus mengabdi dulu satu tahun di rumah sakit atau puskesmas yang sudah ditunjuk. Program tersebut membuka peluang bagi lulusan kedokteran untuk mengabdi di daerah terpencil, pedalaman, perbatasan, serta pulau terluar,” ujarnya.

Menurut Andi Jap, kelebihannya melalui kurikulum tersebut, mahasiswa kedokteran dapat lulus lebih cepat dan membuka praktik sendiri. Mereka juga mendapatkan insentif pada tahun 2012, bantuan dari pusat Rp1,2 juta per orang bagi tiap peserta program. Sedangkan insentif di daerah, tergantung kemampuan pemerintah setempat.

“Pada tahun 2012, sebanyak 152 dokter ikut ambil bagian dalam program internship di Kalbar. Mereka disebar dalam dua tahap. Tahap pertama sebanyak 57 dokter yang ditugaskan ke berbagai kabupaten dan kota,” jelasnya.

Sedangkan yang kedua, sebanyak 95 dokter, program internship dimulai pertengahan Mei. Ada delapan daerah penerima untuk tahap kedua tahun 2012 di antaranya Kota Singkawang, Kabupaten Bengkayang, Sambas, dan Sanggau.

SUMBER

Photobucket

KALIMANTAN BARAT

Related Posts

Leave a Reply

:twisted: :roll: :oops: :lol: :evil: :cry: :?: :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)
[+] kaskus emoticons

My Twitter is worth

Twitter Value

Archives

Shared on Facebook

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.