Dispora Kalbar Buka Pendaftaran Program Sarjana Penggerak Pembangunan di Pedesaan (PSP3)

Posted by By at 5 September, at 18 : 43 PM Print


PONTIANAK –
Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalbar akan merekrut 30 sarjana yang masih menganggur untuk diikutsertakan dalam Program Sarjana Penggerak Pembangunan di Pedesaan (PSP3). Program ini hasil kerja sama Dispora, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Untan.

“Kita bertugas melakukan perekrutan. Mereka yang akan direkrut adalah sarjana (S-1) dari segala jurusan,” ujar Dra Hj Utin Kusumawaty MSi, Kepala Dispora Kalbar melalui Kepala Bidang Kepemudaan, Ir Surahman, Minggu (4/9).

Proses perekrutan dimulai dengan masa pendaftaran 23 Agustus hingga 19 September 2011 yang dipusatkan di dua tempat, masing-masing kantor Dispora Kalbar Jalan Dr Sutomo nomor 1 Pontianak, dan Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPKM) di Komplek Kampus Untan.

“Pendaftaran setiap hari kerja mulai pukul 08.00 hingga 15.00. Bagi yang belum jelas, dapat menghubungi panitia pendaftaran di Dispora atau telepon ke 748881,” imbuhnya.

Dispora tidak membatasi jumlah pendaftar. Namun para pendaftar ini nantinya akan diseleksi kelengkapan administrasinya. “Pengumuman hasil seleksi dapat dilihat di LPKM Untan dan kantor Dispora pada tanggal 21 September 2011,” kata Surahman.

Dijelaskan Surahman, proses seleksi akan berlangsung transparan dengan melibatkan tim penyeleksi dari tiga komponen secara bersama-sama, masing-masing dari Dispora, Kemenpora dan Untan. “Insya Allah transparan,” katanya.

Perekrutan ini terbuka untuk umum. Artinya, siapa pun boleh mendaftar, asal memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Adapun persyaratan pendaftaran antara lain, pendidikan minimal S1 segala jurusan. Usia saat mendaftar maksimal 28 tahun, belum menikah, belum memiliki pekerjaan tetap, dan berkelakuan baik.

PSP3 merupakan program Kemenpora hasil kerja sama dengan Dispora dan Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia. Di Kalbar, perguruan tinggi negeri yang dipilih adalah Untan, dan MoU kerja samanya sudah ditandatangani bulan Juli lalu.

PSP merupakan program pemerintah dalam rangka mengatasi rendahnya kualitas SDM di pedesaan dan tingginya angka pengangguran sarjana. Program ini diharapkan bisa mengubah paradigma para sarjana dari mencari pekerjaan sebagai PNS menjadi jiwa yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan alias berwirausaha.

“Selain itu, juga diharapkan ada transfer ilmu atau pengetahuan dari para sarjana ke desa-desa yang akan ditempatinya nanti. Mereka dikontrak selama 2 tahun,” imbuh Surahman.

Surahman menegaskan, Dispora Kalbar hanya memfasilitasi perekrutan. Para pendaftar tidak dikenakan biaya pendaftaran karena semua biaya sudah ditanggung Kemenpora.

Program ini adalah program se-Indonesia. Kalbar berada di zona tiga bersama dengan DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta.

Para sarjana asal Kalbar yang sudah dinyatakan lulus nanti akan ditempatkan di desa-desa yang ada di Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta. Sebelum penempatan pada 19 Oktober mendatang, mereka akan mendapatkan pembekalan oleh tim universitas yang ada di masing-masing provinsi tujuan itu.

“Biaya penempatan ini dibiayai langsung oleh Kemenpora. Pada tahun 2011 ini, para sarjana tersebut akan digaji langsung oleh Kemenpora sebanyak Rp 2,5 juta per bulan. Sementara tahun depan, kemungkinan akan ada peningkatan,” yakin Surahman.

Selain merekrut, tahun ini Kalbar juga akan menerima 36 sarjana PSP3 asal DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta. Dispora berencana menempatkan para sarjana tersebut di Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Kubu Raya (KKR).

“Mereka akan ditempatkan di sembilan desa di Bengkayang, dan sembilan desa di KKR. Masing-masing desa akan mendapatkan 2 orang sarjana,” tandasnya. (bdu) sumber

Photobucket

KALIMANTAN BARAT NEWS

Related Posts

One Comment


  1. juy, 3 years ago

    ty untuk informasinya……


Leave a Reply

:twisted: :roll: :oops: :lol: :evil: :cry: :?: :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)
[+] kaskus emoticons

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.