Data Ganda Penduduk Kalbar Capai 63 Ribu

Posted by By at 27 April, at 08 : 51 AM Print


PONTIANAK – Ternyata data ganda penduduk Kalbar mencapai 63.000. Kenyataan itu diungkapkan Sekda Kalbar M Zeet Hamdy Assovie MTM selaku Penanggung Jawab Pemutakhiran Data Penduduk Kalbar. Angka yang cukup spektakuler itu diungkapkan saat penyerahan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilukada (DP4) Tahun 2012 kepada KPU Kalbar, Senin (23/4) di Balai Petitih Kantor Gubernur.

“Penyusunan DP4 merupakan pemutakhiran data penduduk yang diperoleh dari hasil pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil. Jumlah DP4 saat ini sebanyak 3.639.810 jiwa pemilih atau 69,55 persen dari total penduduk Kalbar yang sebanyak 5.233.586 jiwa,” katanya.

Menurutnya, penyusunan DP4 ini merupakan kewajiban dan tanggung jawab pemprov dan kabupaten/kota. Tanggung jawab ini secara teknis dilaksanakan oleh Dinas Dukcapil kabupaten/kota dan Biro Kependudukan dan Catatan Sipil Setda Provinsi yang tugas pokoknya adalah mengolah dan menyajikan data kependudukan berbasis Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dengan sistem pengenal tunggal penduduk. Yakni Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Dari sistem SIAK ini akan menghasilkan database kependudukan yang terkini, mutakhir, akurat, dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, serta tidak ada data ganda.

“DP4 yang diserahkan kepada KPU Kalbar adalah data pemilih yang benar-benar terekam dalam server database Sistem Informasi Administrasi Kependudukan, dan sudah memenuhi syarat sebagai pemilih berdasarkan sistem SIAK,” ujarnya.

Zeet menambahkan, dalam proses penyusunan DP4 tidak dilakukan proses pemutakhiran data penduduk melalui pencocokan dan pemilihan terhadap formulir F1 dan 01 seperti pemilukada sebelumnya. Karena pemerintah pusat sudah melakukan pemutakhiran data sebelumnya pada 2010.

“Pemprov maupun pemerintah kabupaten dan kota hanya melakukan validasi dan akurasi data penduduk yang terdapat dalam server SIAK. Sehingga tanggung jawab dalam DP4 memastikan data pemilih terekam dalam database SIAK,” katanya.

Koordinasi

Untuk mempersiapkan DP4, Pemprov Kalbar melalui Biro Dukcapil telah menyelenggarakan berbagai pertemuan dengan Dinas Dukcapil kabupaten/kota dan KPU provinsi serta KPU kabupaten/kota.

Kepala Biro Kependudukan dan Capil Setda Provinsi Kalbar Drs Sopiandi menjelaskan rapat koordinasi persiapan penyusunan DP4 sebanyak dua kali, yakni 9 Februari dan 22 Maret 2012 di Hotel Kapuas Palace.

Pertemuan teknis dilakukan 7 hingga 9 Maret 2012 di Biro Dukcapil Kalbar yang melibatkan para Administrator Database (ADB) dan Operator SIAK kabupaten/kota dan provinsi untuk mempersiapkan data DP4 Kalbar yang valid, akurat, dan diminimalisasi terjadinya data ganda.

“Terkait hasil verifikasi faktual dan validasi data DP4 oleh PPS dan PPDP di lapangan, jika ada perubahan data atau ditemukannya data penduduk baru yang belum masuk dalam DP4, sepenuhnya menjadi ranah KPU,” jelasnya.

Momentum penyerahan DP4 ini merupakan starting point bagi suksesnya berbagai tahapan pemilukada. Kesuksesan pemilukada gubernur dan wakigub tahun 2012 telah menjadi komitmen bersama antara pemerintah, KPUD, dan seluruh komponen masyarakat. (kie)

SUMBER

Photobucket

KALIMANTAN BARAT PONTIANAK

Related Posts

Leave a Reply

:twisted: :roll: :oops: :lol: :evil: :cry: :?: :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)
[+] kaskus emoticons

My Twitter is worth

Twitter Value

Archives

Shared on Facebook

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.