Daftar Lokasi Pembangunan Rumah Sangat Murah

Posted by By at 8 March, at 18 : 55 PM Print



Penandatangan MoU Menpera-Menteri DPT (Foto: dok.Kemenpera)

JAKARTA – Pemerintah siap membangun 12 ribu yang akan disebar di 200 lokasi, yang seluruhnya termasuk daerah tertinggal selama 2012. Sesuai dengan anggaran Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) yang tersedia, rencananya akan dibangun sebanyak 60 ribu rumah selama tahun ini dan sebagian di antaranya diperuntukkan bagi daerah tertinggal.

“Meskipun angka tersebut masih sangat jauh dari total kebutuhan perumahan yang mencapai 4,6 juta unit di seluruh Indonesia,” ujar Menpera Djan Faridz di Jakarta, seperti dilansir dari situs Kemenpera, Selasa (6/3/2012).

Pembangunan ini merupakan implementasi program-program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan dan memberikan hunian yang layak bagi pegawai negeri sipil (PNS) dan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), Kemenpera menjalin kerja sama dengan Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT).

Penandatangan nota kesepahaman (Mou) telah dilakukan kemarin di kantor KPDT, Jakarta, yang dilaksanakan langsung oleh Menteri Peruamahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz dan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (Menteri PDT) Helmy Faisal.

Adapun daerah sebaran rumah sangat murah tersebut, yakni :
Aceh 480, Sumatera Utara 420, Sumatera Barat 540, Kepulauan Riau 240, Bangka Belitung 60, Bengkulu 360, Sumatera Selatan 420, Lampung 300, Banten 120, Jawa Barat 120, Jawa Timur 300, Nusa Tenggara Barat 540, Nusa Tenggara Timur 1440, Maluku Utara 540, Maluku 720, Papua Barat 540, Papua 1260, Sulawesi Utara 300, Gorontalo 180, Sulawesi Tenggara 540, Sulawesi Selatan 360, Sulawesi Barat 420, Sulawesi Tengah 660, Kalimantan Timur 240, Kalimantan Selatan 120, Kalimantan Tengah 120, Kalimantan Barat 660.

Berikut ruang lingkup kesepakatan bersama dua kementerian tersebut, yang meliputi tiga hal, antara lain :
- Fasilitasi rumah sangat murah dengan dukungan bantuan sosial bagi masyarakat yang tidak memiliki daya beli dan bertempat tinggal di daerah tertinggal wilayah pesisir dan perbatasan.
- Fasilitasi rumah murah bagi masyarakat berdaya beli rendah (MBR) melalui dukungan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) untuk kredit/pembiayaan pemilikan rumah murah beserta Prasarana Sarana Utilitas (PSU) lingkungan bagi MBR, termasuk di dalamnya masyarakat yang menjalankan tugas pelayanan publik di daerah tertinggal khususnya wilayah pesisir dan perbatasan.
- Fasilitasi rumah negara bagi PNS di lingkungan Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan petugas pelayanan publik di daerah tertinggal.
(rhs)

SUMBER

Photobucket

NASIONAL

Related Posts

Leave a Reply

:twisted: :roll: :oops: :lol: :evil: :cry: :?: :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)
[+] kaskus emoticons

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.