Cara Urus Bea Balik Nama (BBN) Kendaraan Bermotor

Posted by By at 28 April, at 10 : 32 AM Print


Balik nama kendaraan bermotor dapat dilakukan di Kantor Samsat yang sesuai dengan tempat identitasnya dikeluarkan (KTP setempat). Adapun persyaratannya, BPKB asli, KTP asli, STNK asli, Notice Pajak, dan kwitansi jual beli, serta mengisi formulir dan gesek nomor mesin dan rangka kendaraan.

Bea Balik Nama (BBN) tergantung dengan jenis dan tahun keluaran kendaraan. Biaya formulirnya adalah jika mengganti STNK dan plat Kendaraan Bermotor (KB), maka motor Rp 40 ribu dan mobil Rp 70 ribu. Sedangkan jika hanya ganti STNK tanpa plat, maka dikenakan biaya Rp 25 ribu untuk motor dan mobil Rp 50 ribu.
Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) bila sudah rusak atau robek dapat diganti dengan yang baru dan prosesnya sama dengan proses balik nama. Terimakasih.

Kompol Samsul Bahri Sitepu
Kasi STNK Ditlantas Polda Kalbar

SUMBER

SYARAT umum mengajukan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) antara lain, mengajukan permohonan dan membawa dokumen asli, baik identitas kendaraan maupun identitas pemohon kendaraan bermotor untuk cek fisik di Samsat.

Adapun persyaratan balik nama meliputi:

BPKB asli dan fotokopi
STNK asli dan fotokopi
Notice pajak asli dan fotokopi
KTP pemohon dan pemilik terakhir yang masih berlaku, asli dan fotokopi
Biaya balik nama sepeda motor (R2) Rp 130 ribu dan mobil (R4) Rp 175 ribu. Biaya sudah termasuk formulir dan perubahan identitas pemilik di BPKB.

Saat ini cek fisik kendaraan tak dipungut biaya atau gratis. Proses BBNKB bisa sehari selesai, apabila semua persyaratan lengkap. Layanan ini sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 50 Tahun 2010 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku di Kepolisian Negara Republik mulai 20 Mei 2010. Terimakasih.

AKBP Prianto SIK MSi
Kasubdit Registrasi dan Identifikasi
Polda Kalbar

SUMBER

Photobucket

PUBLIC SERVICE

Related Posts

Comments are closed.

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.