Cara Daftar Peserta Askesos (Asuransi Kesejahteraan Sosial)

Posted by By at 19 April, at 19 : 34 PM Print


UNTUK mendaftar menjadi peserta Asuransi Kesejahteraan Sosial (Askesos), silakan mendatangi kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker). Masyarakat yang berdomisili di Kota Pontianak bisa ke Dinsosnaker Kota Pontianak di Jl Sultan Sy Abdurrachman 140 Pontianak, atau hubungi telepon 0561-732634 atau 733787.

Askesos merupakan sistem jaminan sosial yang memberikan perlindungan sosial bagi pekerja mandiri dan pekerja sektor informal dalam bentuk jaminan pengganti pendapatan keluarga. Seperti pekerja yang menjalankan usahanya sendiri misalnya, tukang ojek, sopir bajaj, tukang tambal ban, pedagang keliling.

Selain itu pekerja yang bekerja dengan orang lain, seperti buruh pabrik, tani atau nelayan, pekerja home industry atau pun kuli bangunan. Dana pertanggungan jika mengalami musiba kecelakaan, atau meninggal dunia dana pertanggungan sampai Rp 800 ribu.

Apabila peserta sakit atau kecelakaan selama 10 hari berturut-turut, atau tiga hari rawat inap yang mengakibatkan peserta tak bisa mencari nafkah, akan diberikan dana pertanggungan Rp 250 ribu untuk sekali dalam setahun

Syarat dan ketentuan menjadi peserta Askesos, antara lain:

KTP atau surat keterangan domisili yang ditandatangani pemeritnah setempat
Umur 21-60 tahun atau yang telah menikah.
Berpenghasilan di bawah atau setara Upah Minimum Provinsi (UMP)
Membayar iuran Rp 5.000 tiap bulan selama masa perlindungan tiga tahun

Eka Kusumawati SSos MSi
Kepala Disosnaker Kota Pontianak

SUMBER

Photobucket

PUBLIC SERVICE

Related Posts

Comments are closed.

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.