BMKG Supadio Temukan 28 Titik Api di Kalbar

Posted by By at 12 July, at 10 : 07 AM Print


SUNGAI RAYA–MICOM: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Supadio Pontianak menemukan 28 titik api yang tersebar di beberapa kabupaten di Kalimantan Barat (Kalbar).

“Berdasarkan hasil pemantauan sejak 10 Juli lalu sudah terpantau setidaknya 28 titik api tersebar di Kalimantan Barat. Kabupaten Kapuas Hulu yang terbanyak, menyumbang sembilan titik api,” kata Prakirawan BMKG Stasiun Supadio Pontianak Sri Ningsih di Sungai Raya, Senin (11/7).

Menurutnya, selain Kabupaten Kapuas Hulu, di Kabupaten Bengkayang juga ditemukan lima titik api, sedangjkan di kabupaten lain terdapat satu hingga tiga titik api. Di antaranya, di Kabupaten Kayong Utara ditemukan satu titik api, sedangkan di Kabupaten Ketapang, Kubu Raya, Landak, Sanggau dan Sintang masing-masing terdapat dua titik api.

Sementara itu, di Kabupaten Sambas ditemukan tiga titik api. “Di Kabupaten Pontianak, Melawi, Sekadau, dan Kota Singkawang belum terpantau adanya hot spot (titik api),” tuturnya.

Sri juga mengatakan, penyebab munculnya titik api kemungkinan besar karena adanya pembukaan lahan dengan cara dibakar. “Namun, saya tidak mau berspekulasi. Itu kewenangan pemerintah daerah setempat,” katanya.

Sri menambahkan, BMKG juga mencatat perubahan suhu udara di Kalbar sudah mencapai 33,6 derajat Celcius. Selama Juli rata-rata suhu udara antara 33 sampai 34 derajat Celcius. (Ant/OL-01) mi

Photobucket

NEWS

Related Posts

Comments are closed.

My Twitter is worth

Twitter Value

Archives

Shared on Facebook

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.