Angka Gangguan Jiwa Berat di Kalbar Tinggi

Posted by By at 3 October, at 11 : 41 AM Print


PONTIANAK – Jumlah pengidap gangguan jiwa berat di Kalbar masih tergolong tinggi. Mencapai prevalensi 0,15 % dari penduduk dewasa atau dengan jumlah 4.515 orang. Sementara angka treatment gap (kesenjangan pelayanan) sudah cukup baik, yakni hanya sekitar 21 %.

Hal tersebut diungkapkan Uray Helwan SKM, perwakilan dari Rumah Sakit Khusus (RSK) Kalbar dalam presentasi kelompok Kalbar, saat mengikuti Training of Trainers (TOT) pelatihan tenaga perawat tentang keperawatan kesehatan jiwa komunitas angkatan II di Hotel Grand Jaya Raya, Cipayung, Jawa Barat, 25 hingga 28 September 2012 lalu.

Untuk gangguan mental emosional angkanya diperkirakan masih sangat tinggi, mencapai 99,7 persen. Meskipun angka tersebut masih perlu untuk diakurasi lebih lanjut ungkap Helwan.

Pelatihan yang diikuti 30 peserta dari empat provinsi tersebut diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan Pelatihan Tenaga Kesehatan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (PPSDMK) Kementerian Kesehatan RI, melibatkan narasumber dari tim Community Mental Health Nursing (CMHN) yang dipimpin oleh Prof Dr Budi Ana Keliat SKp MApp Sc.

“Empat provinsi yang mengikuti kegiatan tersebut antara lain DI Yogyakarta, Kaltim, Lampung, dan Kalbar. Adapun utusan dari Kalbar berjumlah tujuh orang, yakni Wahyu Kirana Mkep SpJiwa dari Stikes Yarsi Pontianak, Uray Helwan SKM dari RSK Provinsi Kalbar, Nuren Br Sinurat SKM dari Dinkes Provinsi Kalbar, Mahyudin SKM Mkes dari Dinkes Kabupaten Kubu Raya, Patricia Supartina Skep Ns dari PSIK-FK Untan, Sriyanto Hadi Amd Kep dan Bernadeta dari Puskesmas Sui Durian Kubu Raya,” paparnya.

Pelatihan yang berlangsung padat selama empat hari tersebut diharapkan dapat membangun komitmen dari para peserta untuk mengembangkan CMHN—keperawatan kesehatan jiwa masyarakat—di daerah masing-masing.
Di akhir acara, reward kelompok terbaik diberikan panitia kepada utusan dari Kalbar yang dinilai sebagai kelompok yang rajin dan aktif.

sumber: equator-news

Photobucket

KALIMANTAN BARAT

Related Posts

Leave a Reply

:twisted: :roll: :oops: :lol: :evil: :cry: :?: :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)
[+] kaskus emoticons

My Twitter is worth

Twitter Value

Archives

Shared on Facebook

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.