Cara Ubah Akta Lahir

Posted by By at 3 February, at 19 : 13 PM Print


BERDASARKAN Perda Nomor 46 Tahun 2009 tentang Biaya Pembuatan Akta Kelahiran selama dispensasi yang diberikan Wali Kota Pontianak hingga 31 Desember 2011, permohonan pembuatan akta kelahiran anak tak dipungut biaya atau gratis.

Khusus untuk akta kutipan kedua, atau pergantian akta yang disebabkan hilang atau rusak, akan dikenakan biaya Rp 17.500. Adapun prosedurnya tergantung apa yang diubah, bisa data ataupun nama. Apabila mengubah akta yang karena kesalahan redaksional, petugas akan melakukan cek ulang pada data yang ada. Itu pun jika akta yang baru dua bulan dibuat.

Tapi, jika sudah relatif lama, diwajibkan melampirkan beberapa bukti rujukan. Yakni, melampirkan buku nikah orangtua, KK, KTP atau ijazah. Syarat sama, kalau akta mengalami kesalahan data yang akibat kesalahan informasi atau data.

Khusus perubahan nama di akta, wajib mengajukan permohonan lebih dulu dan bisa diterbitkan setelah ada penetapan pengadilan negeri (PN) setempat. Pada dasarnya perubahan nama hak setiap orang. Namun, tetap wajib memenuhi persyaratan demi legalitasnya. Terimakasih

Yuni Rosdiah SIP Msi
Kepala Bidang Pencatatan Sipil
Disdukcapil Kota Pontianak

SUMBER

Photobucket

PUBLIC SERVICE

Related Posts

Comments are closed.

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.