Kuota Haji Kalbar 2011 Masih Kurang

Posted by By at 7 July, at 11 : 52 AM Print


Kuota haji 2011 Kalbar tak dapat menampung jumlah pendaftar. Jumlah kuota jamaah haji tahun 2011 di Kalbar sebanyak 2.339, sementara waitinglistnya (daftar tunggu) sebanyak 7. 380. Waitinglist ini berakhir sampai tahun 2016. Ada juga paket ONH Plus agar bisa berangkat haji.

Hal ini diungkapkan Kasi Bimbingan Jamaah dan Petugas Haji Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kalbar, H. Abdul Rahman, di ruang kerjanya.

Ia mengatakan, penentuan kuota di masing-masing kabupaten/kota berdasarkan rapat koordinasi yang berdasarkan keputusan Menteri Agama, kuota jamaah haji di Kalbar sebanyak 2.339, yang nantinya akan di-SK-kan Gubernur Kalbar.

Ditanya tentang haji melalui paket Ongkos Naik Haji (ONH) Plus, Abdul Rahman mengatakan pelayanan itu di Jakarta.

“Kita hanya melayani haji regular, sedangkan untuk pelayanan ONH Plus itu melalui travel yang ada di Jakarta,” kata Abdul Rahman.

Menurutnya untuk mengantisipasi kekurangan kuota dengan cara tidak memilah siapa yang sudah naik atau belum haji, yang pasti kata Rahman saat pendaftaran calon jamaah mendaftar sesuai dengan KTP domisilinya, karena kuota telah dibagi di setiap kabupaten.

Pada saat pelunasan calon jamaah haji baru dipilah. Misalnya bagi yang sudah haji pelunasannya tidak boleh melunasi selama satu bulan, dengan begitu bagi yang sudah haji akan tersisih dengan sendirinya sesuai dengan sistem. Apabila dia belum melunasi maka satu bulan itu akan mengutamakan orang yang belum haji dulu untuk melunaskannya.

Lebih lanjut Rahman mengatakan bila kuota tersebut masih ada sisa, maka itu kesempatan bagi orang yang sudah haji, tapi dengan syarat harus melakukan pelunasan selama satu minggu.

Terkait dengan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) untuk tahun ini belum tahu, karena masih menunggu keputusan presiden. Tahun yang lalu biaya BPIH sebesar Rp 31,5 juta, dan uang yang dikembalikan pada jamaah sebesar Rp 4,5 juta.

“Biaya BPIH sudah termasuk biaya manasik sebesar Rp 20.000 setiap pertemuan, dan ini sudah termasuk honor, makan, dan biaya administrasi,” jelasnya.

Menurutnya bagi yang mempunyai uang lebih dan ingin berangkat cepat naik haji biasanya jamaah menggunakan layanan ONH Plus. Kalau menggunakan ONH Plus biayanya bisa mencapai Rp 70 juta.

Berdasaran keputusan Kementerian Agama No 29 tahun 2011 tentang penetapan kuota haji secara nasional, untuk haji regular sebanyak 194.000 orang, ONH plus 17.000 orang, jadi totalnya 211.000 orang. borneotribune

Photobucket

NEWS

Related Posts

Comments are closed.

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.