4.500 Pelajar Pontianak Terima Beasiswa

Posted by By at 6 July, at 11 : 42 AM Print


PONTIANAK – Dinas Pendidikan Kota Pontianak menyediakan 3.000 lebih paket bantuan untuk siswa kurang mampu yang baru mendaftar di SD dan SMP. “Bagi yang masuk SD dan SMP dari keluarga tidak mampu, Pemkot siapkan bantuan perlengkapan sekolah,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Pontianak Mulyadi, kemarin.Bantuan tersebut berupa baju seragam, tas, sepatu dan topi. Orang tua siswa dapat mengajukannya ke sekolah dengan membawa surat keterangan dari ketua RT diperkuat dengan surat yang sama dari kelurahan. “Syaratnya mudah, minta ketua RT dan lurah membuatkan surat keterangan tidak mampu, tunjukan ke sekolah tempat mendaftar,” jelasnya.

Selain ke sekolah tujuan atau tempat mendaftar, orang tua siswa juga dapat langsung mendatangi Dinas Pendidikan Kota Pontianak. Karena permohonan yang diajukan ke sekolah juga nantinya didisposisikan ke dinas. “Langsung ke dinas pendidikan juga bisa,” ucapnya.Selain bantuan perlengkapan sekolah, Pemkot juga menganggarkan beasiswa bagi siswa kurang mampu. Beasiswa tersebut dianggarkan melalui APBD dengan nilai Rp 2, 04 miliar. “Beasiswa ini juga dilakukan tahun lalu, tapi tahun ini nilainya kita tambah dalam APBD sehingga lebih banyak anak yang mendapatkannya,” ungkap Mulyadi.Total anak yang mendapatkan beasiswa ini, lanjutnya, berjumlah 4.500 orang. Jumlah itu akumulasi dari siswa SD, SMP, SMA dan SMK. Beasiswa yang diberikan pada masing-masing tingkatan pendidikan berbeda. Makin tinggi tingkat pendidikan besar pula nilai beasiswa yang diterima. “Karena kebutuhannya berbeda juga,” katanya.

Dipaparkan Mulyadi, untuk SD sebanyak 1.050 anak yang mendapatkan beasiswa dengan nilai Rp 300 ribu per tahun. SMP/MTs sebanyak 1.150 anak dengan nilai Rp 450 ribu per tahun. SMA/MA sebanyak 1.150 anak, setiap anak mendapatkan Rp 500 ribu per tahun. Paling tinggi untuk SMK, sebanyak 1.150 anak akan mendapatkan Rp 600 ribu per tahun. “Selain itu ada juga beasiswa lainnya yang diajukan Pemkot kepada provinsi dan pusat. Sehingga yang mendapatkan beasiswa di Kota Pontianak lebih dari 4.500 anak,” ujarnya.Tujuan beasiswa yang diberikan Pemkot, kata Mulyadi, agar anak di kota ini tidak ada yang putus sekolah. “Ini upaya Pemkot agar tidak ada yang putus sekolah,” harapnya.(hen)

Photobucket

NEWS

Related Posts

Comments are closed.

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.