Mulai 4 Juli Kota Pontianak Terapkan Penerimaan Siswa Baru Online Tingkat SMA

Posted by By at 18 June, at 10 : 35 AM Print


PONTIANAK – Mulai 4 Juli mendatang, penerimaan siswa baru (PSB) di tingkat Sekolah Menengah Atas Kota Pontianak akan diterapkan dengang sistem online.
Kepala dinas pendidikan kota pontianak, Mulyadi mengungkapkan pemakaian sistem online ini agar penerimaan siswa baru lebih efektif, efisien dan transparan.
“Jadi kalau pakai online semua bisa lihat di websitenya. Untuk transparansi, saya pastikan transparan. Karena data masuk sudah otomatis sesuai yang didaftarkan,” katanya pada wartawan, Rabu (15/6/2011).
Mekanisme sistem online ini sangat mudah. Dijelaskannya, ada perbedaan antara siswa pendaftar dari kota dan luar kota. Kalau siswa pendaftar dari kota, bisa langsung daftar ke sekolah yang dipilih dengan syarat-syaratnya.
Sedangkan untuk siswa pendaftar dari luar kota, terlebih dahulu mengambil formulir ke dinas pendidikan kota. Kemudian mengisi formulir dan akan mendapat surat keterangan atau rekomendasi dari diknas, yang menyatakan siswa tersebut dari luar kota.
“Untuk luar kota kan tetap ada quota 5 persen. Jadi siswa yang dari luar kota yang ingin daftar ke SMA di kota pontianak, datang dulu ke dinas pendidikan kota pontianak untuk ambil formulir dan surat keterangan dari dinas pendidikan yang menyatakan mereka dari luar. Data mereka nanti di verifikasi oleh dinas pendidikan untuk mendata domisili siswa dari luar kota. Baru mendapat surat keterangan,” jelasnya.
Dalam formulir pendaftaran itu ada 5 pilihan sekolah. Siswa pendaftar mengisi sekolah pilihan 1 sampai 5 yang ingin di tuju.
“Nanti penilaian lolos tidaknya tetap pakai perangkingan. Mereka yangg tidak lolos di pilihan 1 otomatis diikutkan sampai pada pilihan ke 5. Jika ada yangg nilainya sama, tapi siswa yang A lolos di pilihan 1, sedang siswa B lolos disekolah tersebut dipilihan ke-5. Maka yanG berhak diterima, siswa A yang lolos di pilihan 1,” papar Mulyadi.
Dalam waktu dekat, dinas pendidikan kota dan Pustekom akan segera mensosialisasikan sistem online ini pada sekolah dan melalui media massa. “Segera kita sosialisasikan agar masyarakat tahu bagaimana mendaftar,” tambahnya.
Sedangkan untuk PSB di SMK tetap memakai sistem tes dengan standar bobot nilai yakni 60 persen dari nilai akhir dan 40 persen hasil tes. “Ke depan kita akan cari solusi yang lebih memudahkan PSB untuk siswa luar kota,” katanya.
Sementara itu, daya tampung di sekolah kota pontianak cukup menampung setiap siswa. “Wah, kalau di kota cukup. Malah lebih. Ndak usah khawatir,” tutur Mulyadi.
Tahun ini siswa SMP yang lulus 8.000 orang dan daya tampung 10 SMA dan 9 SMK negeri sekitar 10.761 orang. Untuk daya tampung 24 SMP negeri sekitar 11.000 orang.
Namun jumlah siswa SD yang lulus belum diketahui, karena 20 Juni mendatang baru kelulusannya. “Kalau SD saya yakin daya tampungnya juga cukup. Karena ada 116 SD negeri di sini,” katanya.

SUMBER

Photobucket

NEWS

Related Posts

Comments are closed.

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.