Duct System, Kabel Listrik di Jalan Ayani I Akan Ditanam

Posted by By at 11 May, at 09 : 35 AM Print


PONTIANAK – PT PLN Cabang Pontianak berencana menanam kabel listrik Tegangan Menengah (TM) 20 KVA yang melintas di Jalan Ayani I. Rencana menerapkan duct system ini membutuhkan biaya hingga miliaran rupiah.

“Untuk menanam kabel dari simpang empat kantor Pajak hingga simpang Polda, kita perkirakan membutuhkan dana Rp 5 miliar,” kata Fauzi Arubusman, Manajer PT PLN Cabang Pontianak menjawab Equator, belum lama ini.

Rencana menanam kabel yang masih berbentuk jaringan distribusi sistem udara itu akan direalisasikan dalam tahun ini. Sekarang PLN sedang mempersiapkan biaya untuk mewujudkan rencana tersebut.

“Perwujudannya memang tidak mudah. Kita juga harus perlu koordinasi dengan Pemerintah Kota Pontianak dan Provinsi karena mereka yang memiliki wilayah, terutama dinas PU (Pekerjaan Umum),” ucap Fauzi.

Saluran tegangan menengah yang melintas di atas Jalan Ayani I memiliki panjang sekitar 8 KMS (Kilo Meter Sirkuit). Jaringan saluran tegangan menengah ini terdiri dari 6 bentangan kabel, masing-masing tiga di atas dan tiga di bawah.

Bentangan kabel ini ditopang oleh ratusan tiang penyangga. Jarak masing-masing tiang berkisar antara 40 hingga 50 meter, dimana di setiap tiang juga dipasang lampu untuk Penerangan Jalan Umum (PJU).

Keputusan menanam jaringan listrik di sepanjang Jalan Ayani I itu dilakukan untuk keandalan jaringan distribusi PLN. Pasalnya, jaringan yang ada sekarang rentan terkena gangguan oleh faktor internal, seperti gangguan akibat kawat layangan dan dahan pohon yang menyentuh kabel.

“Ini untuk keandalan jaringan kita. Selama ini daerah Jalan Ayani I juga beberapa kali mengalami gangguan akibat kawat layang-layang. Bahkan tahun lalu ada yang meninggal akibat kawat layangan yang menyentuh kabel listrik, di depan Pendopo Gubernur,” ucapnya.

Tak hanya soal keandalan jaringan, keputusan menanam kabel listrik itu juga dilakukan atas pertimbangan estetika. Dengan sudah ditanamnya kabel, kawasan Jalan Ayani I akan lebih indah dipandang. “Ini dari segi estetika juga bagus,” tukas Fauzi.

Anggota DPRD Kalbar dari Partai Golkar, Inosensius mendukung penuh rencana pemasangan system duct kabel PLN di Jalan Ayani I. “Pemerintah Kota Pontianak dan Provinsi perlu mendukung rencana ini,” seru Ino.

Selama ini penggunaan system duct untuk kabel listrik di Kalbar masih belum ada. Seluruh jaringan distribusi yang ada di daerah ini masih berbentuk jaringan distribusi udara.

Khusus jaringan distribusi di sistem Khatulistiwa yang meliputi Kota Pontianak, Kubu Raya, Mempawah, dan Landak, panjang jaringan distribusi mencapai 2 ribu KMS. Jaringan distribusi ini rentan mengalami gangguan akibat ada kabel yang tersentuh kawat layangan atau dahan pohon.

Atas dasar itu, langkah menanam kabel jaringan tegangan menengah di Jalan Ayani I pantas mendapat apresiasi. “Bila perlu pemerintah Kota Pontianak dan Pemprov Kalbar memberi kemudahan izin untuk mewujudkan rencana tersebut,” pungkas Ino. (bdu)

SUMBER

Photobucket

NEWS

Related Posts

Comments are closed.

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.