Gubernur Resmikan CU Lantang Tipo Balai Karangan

Posted by By at 7 April, at 21 : 42 PM Print


Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa CU di Wilayah Kalimantan Barat tentunya mempunyai peran yang cukup penting dan strategis dalam pengembangan ekonomi masyarakat kecil dan pelaku UMKM. Hal tersebut di sampaikan Gubernur Kalimantan Barat Drs.Cornelis,MH pada Acara peresmian Cu Lantang tipo tempat pelayanan balai Karangan di Cu lantang tipo tempat pelayanan balai karangan, sabtu 26/03/2011.
Lebih lanjut dalam sambutannya Drs.Cornelis.MH mengatakan kenyataan kecil yang terjadi bahwa masyarakat di perdesaan dan pelaku UMKM cukup sulit untuk mendapat akses perbankan, mengigat tidak dapat dipenuhinya persyaratan teknis baik yang bersifat administrasi maupun kelayakkan usaha,market share potensial yang ada tersebut perlu di garap secara propesional oleh koperasi atau CU agar dapat ekonomi masyarakat dapat lebih berkembang. keberadaan CU atau koperasi di tengah-tengah masyarakat masyarakat tentu kita harapkan dapat berfungsi ganda, dalam artian mampu mengelola, menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat.untuk itu Gubernur juga berharap kepada pengurus/pengelola CU atau koperasi agar memberikan pendidikan kepada masyarakat ,sehingga masyarakat menjadi cerdas dan mampu mandiri dan berkembang dari segi ekonomi. secara khususnya bagi masyarakat di berbatasan seperti dikabupaten Balai karangan dan sekitarnya begitu banyak potensi yang masih memungkinkan untuk dikelola dan di kembangkan,baik sektor pertanian/perkebunan maupun perdagangan.
Drs.Cornelis.MH menilai bahwa perdagangan secara tradisional atau barter tentunya memiliki potensi untuk dikembangkan oleh masyarakat perbatasan,terutama dalam rangka memenuhi kebutuhan pokok,mengigat sebagian kebutuhan pokok masyarakat di perbatasan di penuhi/dipasok dari Negara tetangga/kuching,serawak. dengan adanya pasar perbatasan yang telah di bangun di dekat Border,Entikong,di harapkan dapat di manfaatkan secara maksimal oleh masyarakat perbatasan. dalam kaitan ini perhatian pemerintahan kabupaten sanggau untuk segera menunjuk pihak pengelola pasar tersebut,sehingga dalam waktu dekat ini fasilitas yang tersedia tersebut telah dapat berfungsi sebagaimana yang kita harapkan. Selain itu juga wilayah perbatasan masih dihadapkan dengan terbatasnya dukungan infrastruktur, kedepannya Pemerintah daerah maupun pusat mempunyai komitmen yang serius dan telah menjadi agenda prioritas nasional untuk membangun pebatasan.untuk itu Gubernur berpesan kepada manajemen CU Lantang Tipo secara khusus agar bias mengelola tempat pelayanan dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat,dan kepada masyarakat juga beliau berpesan kiranya dengan keberadaan tempat pelayanan ini,dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk pengembangan ekonomi produktif yang ada,sehingga kesejahteraan masyarak masyarakat menjadi semakin meningkat.
Peresmian CU lantang Tipo di tandai dengan pemukulan Gong dan penanda tanganan prasasti oleh Gubernur Kalimantan Barat Drs.Cornelis.MH kemudian dilanjutkan dengan penguntingan Pita oleh Ny.Frederika Cornelis.
Dikesempatan yang sama juga Gubernur menyerahkan bantuan 4 unit alat komunikasi Indovision kepada 4 kecamatan,kerja sama PT MNC SKY vision dengan Dinas perhubungan Provinsi Kalimantan Barat.(Humas Prov/Rinto)

SUMBER

Photobucket

NEWS

Related Posts

Comments are closed.

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.