Jalan Pontianak-Tayan Diharapkan Tuntas Juli

Posted by By at 2 April, at 19 : 26 PM Print


PONTIANAK, TRIBUN – Jalan lintas Kalimantan poros selatan di ruas Pontianak menuju Tayan, Kalimantan Barat, diharapkan dapat tuntas Juli mendatang.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Barat, Jakius Sinyor saat dihubungi Sabtu (2/4/11), hal itu sesuai dengan berakhirnya kontrak kerja pelaksanaan pembangunan jalan tersebut. “Tinggal sedikit yang belum selesai. Sekitar delapan kilometer,” katanya.

Ia mengakui cukup sulit untuk mengejar tuntasnya jalan tersebut bertepatan dengan rencana kedatangan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada akhir Mei mendatang. Ia menambahkan, mungkin kalau ruas jalan tersebut sudah tuntas, akan sekaligus diresmikan dengan kegiatan lain. Panjang ruas jalan tersebut sekitar 86 kilometer.

Jakius Sinyor berharap, untuk Jembatan Tayan dapat sekaligus diresmikan saat Presiden berkunjung ke Kalbar. Di Kalbar direncanakan dibangun tiga jalan poros untuk mengoptimalkan potensi daerah serta menghubungkan dengan provinsi lain di Kalimantan.

Ketiga jalan poros tersebut yakni utara, tengah dan selatan. Poros utara mulai dari Kabupaten Sambas hingga Kapuas Hulu yang berbatasan dengan Kalimantan Timur. Poros tengah melewati kabupaten yang dilalui Sungai Kapuas dari Kabupaten Pontianak hingga Kabupaten Melawi yang berbatasan dengan Kalimantan Tengah.

Sedangkan poros selatan melewati Kota Pontianak ke arah selatan menuju Kabupaten Ketapang hingga perbatasan Kalbar-Kalteng.

Jakius Sinyor menambahkan, ruas poros selatan yang akan mendapat prioritas dari pusat dan segera dituntaskan. Jembatan Tayan bagian dari pembangunan jalan poros selatan. Dana yang dibutuhkan untuk pembangunan jembatan tersebut sekitar Rp 500 miliar, di mana Rp 50 miliar di antaranya untuk jalan penghubung dan sisanya konstruksi jembatan.

Panjang jembatan tersebut sesuai rencana sekitar 1,3 kilometer saat ini masih dalam tahap tender. Jembatan Tayan juga untuk mendukung rencana PT Aneka Tambang melakukan eksploitasi bauksit di kawasan itu.

SUMBER

Photobucket

NEWS

Related Posts

Comments are closed.

My Twitter is worth

Twitter Value

Archives

Shared on Facebook

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.